Media Tanam Hidroponik

Bercocok tanam secara Hidroponik tentu harus menggunakan media tanam non-tanah. Dan berikut ini adalah beberapa jenis media tanam yang dapat digunakan untuk bercocok tanam secara hidroponik.


Catatan : Apabila anda belum mengetahui tentang apa itu Hidroponik, sebaiknya anda baca artikel tentang Pengertian Hidroponik.
Arang Sekam

Arang sekam adalah arang yang terbuat dari sekam padi. Sekam padi tersebut di bakar sehingga menjadi arang, kemudian arang sekam tersebut digunakan sebagai media tanam hidroponik. Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara membuat arang sekam, anda dapat membaca artikelnya klik disini.






Sponge (material)

Sponge adalah alat untuk membersihkan, alat ini sering kita temukan di dapur dan  biasanya digunakan untuk mencuci piring, gelas dan peralatan masak lainnya.

Pada umumnya Sponge terbuat dari serat kayu selulosa atau polimer plastik berbusa. Sponge bisa kita gunakan sebagai media tanam hidroponik.




Expanded Clay

Expanded Clay terbuat dari tanah liat alami yang dibakar pada temperature 1100–1200 °C. Expanded Clay mempunyai beberapa bentuk, tergantung kepada produsen yang memproduksinya.

Anda dapat mendapatkan Expanded Clay di toko yang menjual media tanam hidroponik.





Rockwool

Rockwool dibuat dengan pelelehan campuran batu dan pasir dan kemudian dicampur adukan untuk membuat serat yang dibentuk menjadi berbagai bentuk dan ukuran.
Biasanya Rockwool digunakan untuk peredam suara.







Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan bagian mesokarp (selimut) yang berupa serat-serat kasar kelapa. Sabut kelapa sangat mudah didapatkan, dengan bahan baku kelapa yang telah kita ambil daging serta airnya.








Perlite

Perlite merupakan sejenis batuan vulkanik yang memiliki kandungan air yang relatif tinggi sehingga ketika dipanaskan pada suhu 850-900 derajat celcius dan akan mengembang 10-20 kali dari volume aslinya.

Ciri fisik Perlite pada umumnya adalah berwarna putih. Memiliki kepadatan sekitar 1100kg/m3 pada perlite mentah sedangkan untuk perlite yang sudah dikembangkan memiliki kepadatan 30-180kg/m3.




Kerikil

Kerikil adalah bebatuan kecil, dan terdapat macam-macam batuan kerikil seperti Kerikil pantai, kerikil sungai, kerikil gunung dan lainnya.









Serbuk kayu

Serbuk kayu adalah sisa-sisa potongan kayu, biasanya sisa dari kayu yang digergaji. Serbuk kayu dapat kita dapatkan di produsen-produsen properti rumah yang berbahan baku kayu.

3 komentar:

  1. Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  2. Ijin promo yahh
    Hallo Bossku ! mau kasih info sedikit nihh , di EDENPOKER lagi memberikan bonus
    10.000 Ribu GRATISS LHOO dan kami juga memberikan bonus next depo 5 % juga lhoo
    ayoo buruaan gabung bersama kami di E D E N P O K E R . X Y Z

    BalasHapus
  3. AGEN VAZBETGAME - Tembak Ikan Online | Slot Joker Online

    *Bonus Member Baru 10% - 20%
    *Bonus Next Deposit 5% / Hari
    *Bonus Cashback 10% / Minggu
    *Bonus Referral 2% / Minggu

    Ayo Daftar ! Dapatkan Bonus Menarik Lainnya ~
    WA: +855 878 795 20

    Domain:
    WWW,VAZBET,IN
    WWW,VAZBETGAME,COM

    BalasHapus