Cara Budidaya Cabe Rawit

Cabe rawit atau cabai kecil (Capsicum frutescens) termasuk dalam famili Solanaceae dan merupakan tanaman berumur panjang (menahun), dapat hidup sampai 2-3 tahun apabila dipelihara dengan baik dan kebutuhan haranya tercukupi. Terdapat beberapa macam cabe rawit antara lain rawit kecil, sedang dan besar. Umumnya cabe rawit kecil sangat pedas. Cabe rawit digunakan untuk sayur, bumbu masak, asinan dan obat.


Persyaratan Tumbuh
Cabe rawit dapat ditanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi, namun tanaman ini lebih cocok ditanam di ketinggian antara 0 - 500 m dpl ( meter di atas permukaan laut). Produksi pada ketinggian di atas 500 mdpl tidak jauh berbeda namun waktu panennya lebih panjang. Tanaman ini menghendaki tanah gembur, kaya akan bahan organik dan pH netral (6-7).

Persemaian
Kebutuhan tiap hektar berkisar 100-125 g. Bedengan persemaian dibuat arah utara selatan menghadap ke timur. Media semai dibuat dari campuran tanah dan kompos steril dengan perbandingan 1:1. Benih ditaburkan secara merata diatas media semai kemudian ditutup dengan tanah tipis —biasanya tanah yang diayak terlebih dahulu untuk memisahkan tanah yang menggumpal dan batu-batuan — kemudian disiram, lalu ditutup dengan daun pisang atau karung goni. Daun pisang atau karung goni tersebut dibuka secara bertahap. Setelah umur semaian kurang lebih 7 hari, semaian dipindahkan ke bumbungan yang terbuat dari daun pisan yang diisi campuran tanah dan kompos steril dengan perbandingan 1:1. Bibit yang berumur kurang lebih 30-35 hari setelah semai atau telah mempunyai 5-6 helai daun siap untuk dipindahkan ke lapangan.

Benih cabe rawit yang telah siap ditanam di lahan


Penyiapan lahan dan penanaman
Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30-40 cm lalu dibalik, kemudian bongkahan tanah dihaluskan. Sisa pertanaman sebelumnya dibersihkan agar tidak menjadi sumber penyakit.
Dibuat bedangan dengan lebar 1-1,2 m, tinggi 40-50 cm. Jarak antar bedeng kurang lebih 40-50 cm.
Pemberian kapur pertanian (jika kondisi tanah terlalu masam) dilakukan bersama dengan pengolahan tanah, 2-3 minggu sebelum tanam. Kapur (1-1,5 ton /ha) ditaburkan di permukaan tanah kemudian dicampur rata dengan tanah.
Permukaan bedengan dibuat agak setengah lingkaran untuk mempermudah pemasangan mulsa.
Pada jarak tanam yang telah ditentukan dibuat lubang tanam pada mulsa plastik dengan menggunakan kaleng yang dipanaskan.
Lubang tanam dibuat dengan kedalaman 15-20 cm dan diameter 20-25 cm.
Ditanam satu bibit pada tiap lubang tanam, namun ada juga yang menanam sampai 3 bibit pada setiap lubang.

Pengolahan lahan  dan Penanaman


Tahap Pemupukan
Pemupukan menggunakan Urea 200-300 kg/ha, SP-36 200-300 kg/ha dan KCI 150-250 kg/ha. Pemberian pupuk kandang sebanyak 30 ton/ha dan kapur pertanian dilakukan saat pembuatan bedengan. Pupuk buatan sebagai pupuk dasar diberikan dengan cara membuat larikan berjarak 25-30 cm dari tepi bedengan dan jarak antar larikan 70 cm, kemudian taburkan pupuk secara merata pada larikan tersebut. Pemberian pupuk dasar ini dilakukan sebelum pemasangan mulsa sebanyak setengah dosis.

Pemupukan susulan diberikan pada saat tanaman berumur satu bulan, menggunakan sisa pupuk dasar. Pemupukan susulan ini bisa diberikan dengan cara dikocor, setiap tanaman disiram dengan 150-250 ml larutan pupuk. Larutan pupuk dibuat dengan mengencerkan 1,5-3 kg pupuk buatan per 100 liter air. Karena tanaman cabe rawit merupakan tanaman tahunan yang masih dapat berproduksi sampai 2-3 tahun maka sebaiknya dilakukan pemupukan ulang sesuai kebutuhan agar produksinya terus bertahan.

Tahapan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
Hama lalat buah dapat dikendalikan dengan pemasangan perangkap lalat buah yang mengandung metil eugenol. Hama-hama penghisap seperti kutudaun, trips dan kutukebul dapat dikendalikan dengan pemasangan mulsa plastik hitam perak dan juga pemasangan perangkap lekat warna kuning. Penyakit antraknos dapat dikendalikan dengan penggunaan varietas tahan atau penggunaan fungisida secara selektif.

Apabila dalam mengendalikan OPT menggunakan pestisida, maka pemilihan jenis pestisida, dosis, volume semprot, cara aplikasi, interval dan waktu aplikasinya harus tepat.

Tahapan panen dan pascapanen
Pada saat panen, buah yang rusak sebaiknya dimusnahkan, kemudian buah yang dipanen dimasukan kedalam karung jala dan jika akan disimpan sebaiknya disimpan ditempat yang kering, sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.

Cabe rawit yang telah siap dipanen (kiri ) dan proses pemanenan cabe rawit (kanan)

6 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
  2. Ijin promo yahh
    Hallo Bossku ! mau kasih info sedikit nihh , di EDENPOKER lagi memberikan bonus
    10.000 Ribu GRATISS LHOO dan kami juga memberikan bonus next depo 5 % juga lhoo
    ayoo buruaan gabung bersama kami di E D E N P O K E R . X Y Z

    BalasHapus
  3. AGEN VAZBETGAME - Tembak Ikan Online | Slot Joker Online

    *Bonus Member Baru 10% - 20%
    *Bonus Next Deposit 5% / Hari
    *Bonus Cashback 10% / Minggu
    *Bonus Referral 2% / Minggu

    Ayo Daftar ! Dapatkan Bonus Menarik Lainnya ~
    WA: +855 878 795 20

    Domain:
    WWW,VAZBET,IN
    WWW,VAZBETGAME,COM

    BalasHapus
  4. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  5. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus